Selasa, 04 September 2018

GOD IS BEST PLANNER EVER


Officially Postgraduate Student In Ipb Graduate School


temporary student sign card


In my graduation on 20 april 2017 my mother asked me “what would you like to do after this step” then i said without thinking “i want to be my lecture junior in university” and My mom was laugh and hug me. Actually i don’t know what should i do in that time with my bachelor certificate, as all i know that i want to stay as a student and study more. Like others, i make job seeker accounts and start to apply but my heart was not there. Afterward i asked my self “what job do you like and what you really gonna do”. There were a lot of questions in my mind and i was crazy because of that.

Two weeks later through my instagram i found that one of my classmates in pare continued his study abroad and i got surprised and proud of him. Study abroad is my dream since i am in senior high school and i don’t know how to make it come true. Furthermore i called my mother to say i want to continue my study abroad. Surprisingly my mother accept and support this decision. In the end of august i went to pare to study english , i got not only english but also great friends having the same purpose like me from other regions.

I took my IELTS test on 10 march in Yogyakarta and the results are not what i expected. In this step i realize that i need more time and effort to reach the score. It is okay not to be okay right? The one and only my energy come from my mom. She gave me a chance to apply in IPB. Actually i almost forget with my pretension to study in this university. So i open the website and start to list the needed document while preparing my scholarship application.

25 mei 2018 i got acceptence email from ipb and  “wow” this is not a rejection email wkwkw 😊 , before i have accepted rejection from AAS ☹  and other scholarships. I never imagine that now i am being postgraduate student in this university that rejected me 6 years ago. I take marine science program which focus in physic oceanography. It is not the end but it is beginning, lets play :D. 


Welcome to the ocean science world CEP.


Senin, 14 Mei 2018

NONGKRONG EDUKATIF ALA MILENIAL

Hai hai, kali ini ncep mau cerita tentang kebiasan yang baru baru ini cukup rutin ncep kerjain dan lakuin dan itu adalah nongkrong edukatif.

Laptop dan es teh adalah kombinasi yang sempurna 

Nah, jadi beberapa waktu ini ncep lagi disibukin apply beasiswa sama kampus buat lanjut studi dan secara otomatis ncep selalu dihadapan laptop, entah itu buat search bahan ataupun buat proposal. selama kuliah ncep lebih suka brainstorming di kosan sih pas waktu subuh karena berasa otak lancar jam segitu. Tapi setelah lulus ncep jadi ngerubah kebiasaan yang biasanya suka sepi jadi suka agak rame gitu. 
Nongkrong edukatif nih

Jadilah ncep sering ke cafe yang ada wifi gratisnya, eits jangan salah nokrong di cafe wifi juga bayar dengan cara beli makanan dan minuman di sana. Awalnya ncep gak terlalu nyaman sih online di tengah orang rame karna biasa nyepi sendiri. tapi sadar gak sih kalo kita kadang butuh suasana baru dimana kita bisa nyaman buat sekedar minum teh dan online. Dulu ncep sempet mikir ngapain sih musti online di cafe kan dikosan juga bisa toh sama aja kan beli paket internet sama bayar makan dan minum di cafe. Pemikiran itu mulai ilang sedikit demi sedikit karna ternyata makin kesini ncep butuh ruang dan suasana baru.
Onine ditemenin cemilan juga kombinasi yang perfect

Ncep ngerasa kalo ngerjain sesuatu yang pengerjaannya berhubungan sama laptop di cafe itu jadinya nyaman dan termotovasi. Pada tau kan yaea, sekarang mahasiswa ataupun karyawan aktif banget di cafe cafe dan mereka bukan cuma ngabisin uang doang kok. Ditempat ini mereka ngerjain tugas, transaksi bisnis, belajar dan lain lain. Alhasil nongkrong bukan lagi sekedar ngumpul gak berfaedah gosipin orang tapi banyak hal positive yang bisa dilakuin. Nah dari fenomena  yang sering ncep liat, munculah motivasi lebih ngerjain sesuatu di sana karna kalo capek atupun bosen bisa liat ke kiri dan kanan dimana semuanya pada sibuk ngerjain tugas mereka masing masing.

Peluang ini yang dimanfaatin bisnis krestif dimana mereka buka cafe dengan treat special kayak nyediain wifi gratis. Biasanya password wifi bakal dikasih kalo custumer pesen sesuatu contohnya di dunkin yang paswordnya ada di struct belanja. Mereka punya pelayan beda beda soala ini sih, ada yang murah tapi wifinya agak lemot atau yang mahal tapi wifinya kayak kecepatan cahaya #hehehe. setiap tempat ada kelebihan dan kekurangan masing masing dan ini semua tergantung temen temen sih mau pilih yang gimana.


Jumat, 11 Mei 2018

DOLAN KE JOGYA


Hai hai kali ini ncep mau cerita pengalaman selama di yogya nih, gak berasa ncep udah 2 bulanan disini dan ternyata yogya ngangenin ya guysss, hayuk ah dolan ke yogya

delman yang ada di candi borobudur ini siap buat bawa temen temen keliling sekitaran candi

Ncep berangkat dari kediri jam 11 malem naik travel dan nyampe sekitar jam 6 pagi di tempat tujuan yaitu Sleman. Sebenernya nih ncep pernah ke yogya waktu masih kelas 6 sd tapi yang keinget Cuma candi borobudur  doang hehehe. Dalam bayangan ncep yogya itu adem banyak sawahnya, bu ibu pake kain dan bapak bapak pake blankon kayak di film angling dharma. Dan ternyata itu hanya khayalan belaka, disini banyak gedung gedung tinggi menjulang dan tempat makan kekinian.

Ncep kesini bukan tanpa maksud, karna bakal ngikutin ujian masa depan #eaaaa ini beneran tapi. Ncep tinggal dikosan temen sma yang baik hati dan rajin menolong namanya Vosby Florensy. Alhamdulillah ada yang bersedia nampung dan nemenin kemana mana, the best lah si obi ini.

Lanjut ke cerita yogya, kebetulan ncep tinggal deket sama kawasan kampus dan alhasil rumah makan ada dimana mana terutama ayam geprek. Jadi bisa ncep simpulkan kalo dijogya orang demen makan ayam geprek karna beneran di tiap sudut jalan ada aja yang jual ayam pedes ini.  Begitupun ncep yang hampir tiap hari makan ayam wkwkkwk.

Tentunya ncep gak ngelewatin jalan jalan dong yaaa karna di yogya banyak tempat jalan yang asik dan tentunya yang paling utama itu

1.    Candi borobudur

Ncep kesini naik motor sekitar 1 jam bersama driver handal obi hari sabtu dan rame banget pastinya. Ncep saranin kalo mau naik motor pake sarung tangan, masker sama kaos kaki karna panasnya parah. Ncep parkir motor nya diluar kawasan candi yang emang udah disiapin warga sekitar dan ditarifin Rp 5000 per motor. Waktu masuk jangan kaget banyak pedagang yang langsung nyerbu nawarin gantungan kunci, celana, topi dan banyak lagi.

Oh iya berhubung obi berpengalaman banget kesini jadilah kita udah bawa payung dan air minum dari kosan. Harga tiketnya kalo gak salah 35.000. di pitu masuknya ada pemeriksaan tas dan pengecekan tiket jadi cukup aman lah disini kan ya. Perjalanan ke candinya lumayan jauh jugaa dari pintu masuk berhubung ncep sampe udah jam 12 dan matahari udah diatas kepala jadilah ncep udah basah keringetan sebelom naik ke puncak candi. Tapi semua terbayarkanlah, bagus banget pemandangan dari atas juga candi candi yang tersusun rapi bagus banget guys. Apresiasi setinggi tingginya buat para pendahulu yang udah buat karya megah ini, bangga.

monumen peresmian candi borobudur

spot keren buat foto

spot keren buat foto


2.    Malioboro
Tempat ini gak sengaja ncep datengin selesai cek lokasi ujian, rencananya pengen neduh di halte eh ditanyain mau kemana dek dan otomatis ncep jawab malioboro pak. Padahal ncep gak tau nama tempat lainnya termasuk kosan kecuali MALIOBORO ini #hahahaha. Di dalem bus malah ditanya mau ke malioboro 1 , 2 atau 3 dan makin bingung lah ncep yang gak tau apa apa. Kebetulan ada mbak mbak yang jelasin rute ke ncep kalo turun di malioboro 1 itu deket sama stasiun tugu, malioboro 2 deket sama mall malioboro dan malioboro 3 turunya di pasar bringharjo. Jadilah ncep turun di malioboro 2 dan ternyata bagus yaa penataan jalan jalan di kawasan malioboro. ada  banyak kursi, batik, jajanan dan tempat makan. Fyi ncep ke malioboro hampir tiap hari waktu ibunya obi ke yogya jadiya ncep udah agak hapal jalanan sini #eh

kursi kursi di sepanjang jalan malioboro disusun apik untuk memanjakan pengunjung


3.    Candi Prambanan
Candi ini gak terlalu jauh dari kosan si obi sekitar 30 menit udah sampe dan gak segede kawasan candi borobudur. Dan sekali lagi bagus banget dan temen temen semua wajib kesini kalo lagi main ke yogya ya. Ada banyak candi disini termasuk yang utuh dan gak utuh, maksudnya yang gak utuh itu udah dalam bentuk bongkahan batu batu. Disini capeknya 2x dari naik ke puncak candi borobudur karna kan candinya ada banyak jadi naik turun candi dan alhasil kaki yang jarang digerakan ini pun lelah. Tapi tenang di deket kawasan candi banyak yang jualan es kelapa yang dijamis bisa melegakan dahaga. Selain itu ada pasar yang juga aksesoris, baju batik , sepatu, bakpian banyak banget pokoknya.
tampak depan keseluruhan candi prambanan

spot keren buat foto

spot keren buat foto


4.    Makam Mbah Marijan
Pada tau mbak marijan gak sih, juru kuncinya gunung berapi. Kayaknya mbah marijan cukup terkenal karna makamnya banyak didatengin. Disini makam si mbah di buat satu kawasan, ada makamnya yang dibuat di satu  blok tersendiri. Disebelahnya ada barang barang rumah si mbah bekas kena lahar gunung berani waktu meletus. Ada juga galeri foto proses evakuasi sebelum gunung meletus.
pintu masuk area makam dan gunung berapi

 
peralatan rumah yang terkena dampak gunung berapi meletus yang di abadikan


5.    Hutan Pinus  Mangunan Imogiri
Kalo pengen ngadem kesini aja yuk, suasananya nya enak tenang dan gak rame. Hutan pinusnya tinggi menjulang,sampe langit gak keliatan kayaknya. Banyak spot foto menarik disini. Kalo temen temen pengen nyantai juga banyak kursi kok buat duduk. Lokasinya di deket daerah bantul dan gak jauh daari makam mbak marijan.

spot foto di pintu keluar hutan pinus

spot foto keren

spot foto keren

6.    Alun Alun Selatan Yogya 
Dateng ke tempat ini pas malem minggu , rame banget dan banyak pasangan yang seliweran. Apalah ncep kan ya, yang kemana mana sama obi. Lokasinya deket kok sama malioboro, mungkin sekitar 10 menit. Banyak mobil mobil lampu yang keren tapi yah apadaya ncep Cuma berdua dan kami gak akan kuat mengayuh mobil tanpa sosok lelaki #eaaaa. Disini juga banyak jajanan dan yang pasti bakal sering ditemuin adalah minuman anget dari jahe namanya ronde, ada juga pisang bakar/rebus sama indomi. Disini ada 2 pohon beringin yang gede dan katanya kalo berhasil ngelewatin 2 pohon ini dengan mata ketutup, permintaan kita bakal terkabul. Ncep gak kelewatan buat nyoba dong ya, tapi emang susah gak bisa sampe. Ncep ngerasa udah luruss tapi malah sampe nabrak pohonnya.

mobil keren yang bisa disewa di alun alun  selatan yogya

pohon beringin legend di alun alun selatan

ronde hangat


7.    Sunmor 
Ncep kesini hampir tiap minggu kayaknya, sunmor itu ternyata kayak pasar dan hanya buka hari minggu. Ncep kirain tempat apa kan yaaa hehehe. Lokasinya deket UGM dan panjang banget areanya. Jadi waktu itu ncep janjian sama temen ketemuan di sunmor dan berhentilah ncep di masjid kampus karna waktu pertama ncep kesini di turunin mamang goj*ek disini. Temen ncep pun nanya kok ncep gak ketemu ketemu dan ternyata ncep ada di selatan nya sunmor dan dia di utara. Jauh juga ternyata jarak memisahkan kita. Disini kayaknya apa aja dijual dari mulai sosis, minuman dingin, baju, bantal pokoknya serba ada. Kalo ke yogya tapi gak main kesini gak seruuu.

pasar mingguan di area UGM biasa disebut sunmor


Ncep gak banyak jalan sih selama di yogya Cuma ini doang yang jauh. Tapi alhamdulillah kalo kemana mana bisa sendiri dan udah hapal beberapa nama jalan. Sekian dari ncep yang nulis cerita ini setelah beberapa hari pulang dari yogya.

Minggu, 15 April 2018

PESONA PULAU MENDANAU

Hai hai kali ini ncep bakal nepatin janji ke diri sendiri untuk buat review pulau Mendanau. Pulau ini ncep datengin September tahun lalu dan sampai sekarang rasa bahagia berkunjung kesana gak pernah hilang. Nah pulau ini ngasih banyak pelajaran kehidupan buat ncep dan juga pengalaman yang tak terhitung jumlahnya. Kali ini ncep bakal kasih tau ke temen temen semua keindahan dan keramahan Pulau Mendanau. 
Perairan Pulau Mendanau

1. Sambutan warga yang meriah ketika tamu datang.
Kalo temen temen kesini pastinya bakal disambut dengan sangat antusias oeh warga desa. Mereka bener bener bisa ngetreat tamu, jadi disana jangan kaget kalo dateng udah disambut pake tarian daerah yaaa.
Tari sambut

2. Homestay berasa dirumah sendiri
Waktu dateng kesini, ncep dapet homestay yang keluarganya baik dan ramah banget. oh ya, ncep nginep di desa petaling dan disini kalo ada tamu yang dateng akan tinggal dirumah warga. eits jangan kawatir kalo gak nyaman, yang juga bakalan betah dan gak mau pulang. pemilik rumah baik banget asli dan masakannya enak enak. ncep kalo pagi suka ditanya mau makan apaa, cumi, ikan a,b,c sampe bingung dan jadilah pipi melebar 2 inci padahal cuma seminggu aja disana.

Jalan desa yang masih asri dan tentunya bebas asap

Mencuci baju di sungai

makanan rumahan yang enak
3. Wisata mangrove yang keren
Pulau Mendanau khususnya dibagian desa petaling ditumbuhi hutan mangove yang cantik. lokasinya deket banget dari homestay sekitar 3 menit udah sampe kalo jalan kaki. Temen temen bisa menyusuri hutan mangove ini jalan kaki atau naik kapal. Nah, Ncep kebetulan dapet kesempatan naik kapal dan beneran keren dan masih asri. Ncep nyusurin sampe ketemu laut  ditemenin bapak homestay dan ini belum selesai karena kita bisa snorkling disana karna banyak ikan yang cantik dan sayang kalo dilewatin. Kalo kesini jangan lupa bawa kamera underwater yaa.

Hutan mangove bisa ditelusuri melalui jalan ini
Hutan Mangrove


4. Pantai Panjang 
Pantai panjang ini adalah salah satu pantai pasir putih yang menawan. Kenapa menawan? karena pantai ini masih asri dan alami. Ncep saranin bawa baju ganti deh kak esini karna yakin gak bakal tahan kalo gak nyebur.
Pemandangan sore di Pantai

Bakalan nyesel kalo gak nyebur

Bahagia main dipantai

5. Mercusuar  antik 
ini dia mercusuar yang bikin ncep takjub banget. Pemandangan diatas mercusuar keren banget mau dari sudut manapun dan alhasilmemori  kamera ncep ampe gak bisa nampung foto foto ncep dengan berbagai gaya. Perjalanan ke mercusuar ini bisa jalur darat ataupun laut. Nah kebetulan lagi ncep kesini jalur laut. Kapal ncep gak bisa  langsung berlabuh di tepi jadilah ada boat yang nganterin kita buat mendarat, keren eui. Ncep jalan kira kira 5 menit buat sampai ke menara dan diperjalanan banyak ilalang manja.

Mercusuar antik

Pemandangan di atas mercusuar
6. Bukit Petaling
Bukit Petaling bisa dibilang icon nya pulau mendanau, karena dari bukit ini kita bisa ngeliat pulau mendanau secara keseluruhan. Perjalan ke puncak cukup menguras tenaga tapi gak nyesel karna bagus banget view nya dan  banyak spot foto yang asik.
Pemandangan di atas bukit Petaling

Perjalanan menuju Puncak bukit Petaling


Temapt foto yang keren

7. Berenang anti maintsream didermaga
Tempat yang satu ini paling ncep sukak, karena bisa renang bebas  gitu naik perahu dari drum dan bisa snorkling pula. Lokasi tempat ini deket penjemuran ikan asin, gokil kan. Berenang dikolam renang mah udah biasa, disini bisa loncat dari atas rumah kayu ke laut langsung, wahh ini sih gak bakal dilewatin begitu aja.

Dermaga 

Tempat penjemuran ikan asin

Bisa berenang dan juga snorkling

Perahu anti mainstream

Cerita ini berdasarkan pengalaman ncep yaaa, hayukk ah jalan jalan kesini. Pada bosen gak sih liburan nginep dihotel terus ya kegiatannya biasa biasa aja.
 Ncep gak ngomporin, udah ah gass kesini buruan. 

Rabu, 04 April 2018

JALAN JALAN KE BELITUNG YUK



Hai manteman, kali ini ncep bakal ceritain tempat tempat menarik yang ada di pulau Belitung.



Eits, udah pada tau Pulau belitung dimana kan?

Pulau belitung itu lokasinya deket pulau Sumatra lebih tepatnya pulau ini bagian dari provinsi kepulauan Bangka Belitung, kampung halamannya ncep ^_^.

Nah, kalo mau ke pulau Belitung itu gampang banget, bisa naik kapal atau pesawat. kalo mentemen mau naik kapal ntar turunnya di pelabuhan Tanjung Pandan dan  kalo naik pesawat sekitar 1 jam dari Jakarta kok, nama bandaranya Hanandjodin.  Buruan pesen tiket dehhh dijamin gak nyesel.

Oke, sekarang ncep bakal list tempat mana aja yang harus temen temen datengin kalo ke belitung.

1.          Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini terkenal sejak diproduksinya fim Laskar Pelangi oleh penulis Andrea Hirata. Penulis mengambil plot cerita di pantai ini sehingga pantai tanjung tinggi tidak lepas dari sebuat pantainya Laskar pelangi. Pantai ini benar benar indah dan sangat menawan dengan bebatuan besar yang terhampar disepanjang pulau serta pasir putihnya yang bersih. Disini banyak spot foto yang sangat menarik dan instagramable banget tentunya.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi


indahnya pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi 


2.          Pulau lengkuas
Pulau ini terletak sekitar beberapa km dari pulau belitung, temen temen bisa naik kapal untuk menuju pulau ini. Biasanya para juru mudi kapal juga sudah menyiapkan alat snorkling, jadi temen temen gak hanya menikmani keindahan pantainya tapi juga keindahan bawah lautnya. Terumbu karang nya cukup cantik dengan berbagai jenis ikan cantik didalamnya. Temen temen bisa memberi makan mereka biskuit dan ikan ikan tersebut akan bergerombol menuju biskuit itu. Inilah saat temen temen bisa mengambil foto bersama ikan ikan ini, keren kan.

Pulau Lengkuas

asiknya bersantai di pulau Lengkuas


asiknya bersantai di pulau Lengkuas


snorkling bersama teman teman patut dicoba

3.          SD Muhamadiah
Sekolah ini sangat terkenal sama seperti pantai Tanjung Tinggi karena SD Muhamadiah merupakan sekolah tempat anak anak laskar pelangi belajar. Tempat ini terletak di Manggar kabupaten Belitung Timur. Sebenarnya ini adalah sekoah replika karna yang asli sudah rusak, tapi tenang semua didesain sama kok baik kursi meja maupun properti kelas lainnya.
Pintu masuk Sd Muhamadiah 

SD muhamadiah

Ruang kelas

Replika sekolah laskar pelangi

4.          Rumah keong
Rumah keong ini letaknya persis didepan SD muhamadiah, tempatnya benar benar nyaman buat nyantai ataupun buat foto. Jangan khawatir, petugas disini siap membantu temen temen buat take foto dan free tentunya, asik kan.


Rumah Keong

Bagian dalam rumah keong

Salah satu spot foto menarik di rumah keong
5.          Museum Kata
Nah, musium ini adalah persembahan penulis terkenal Andrea Hirata yang terletak di Tanjung Pandan. Tempatnya sangat menarik karna terdapat banyak ruang yang memiliki fungsi masing masing. Temen temen bisa membaca atau sekedar menikmati dekorasi yang unik dari tiap sudut musium ini.


Museum kata

Bagian depan museum kata

6.           Rumah Ahok
      Rumah ini merupakan rumah orang tua pak Ahok, bentuknya seperti rumah panggung dengan material kayu. didalamnya banyak dijual sovenir seperti kaos bergambarkan pak ahok, kain serta menjual kue buatan ibunya.

Kampung ahok

7.          Mi atep
Makanan yang satu ini merupakan makanan yang wajib di santap jika berkunjung ke Belitung. Mi atep adalah mi yang sangat enak yang terdiri dari mi kuning dengan tauge, irisan timun, kentang rebus  dan kuahnya yang terbuat dari kaldu udang menambah cita rasa mi ini. mi atep biasa disantap dengan emping melinjo sehingga rasa gurih dan segar pasti dirasakan penikmatnya. Karna mi atep ini sangat populer jangan kaget jika mi ini cepat sold out.

Mi atep


8.           Warung 1000 kopi
       Penikmat kopi yang datang ke Belitung pasti tak asing lagi dengan tempat ini. Kopi nya yang khas membuat tempat ini selalu ramai baik untuk warga setempat maupun pelancong yang datang. warung 1000 kopi ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan pertokoan yang semuanya menjual kopi, oleh karena itu tempat ini disebut demikian. Warung warung ini sudah buka sejak pagi hingga malam hari. kopi ini biasa disajikan dengan susu serta kue kue khas yang sangat enak dan juga murah.
Proses penyeduhan kopi Belitung

Proses penyeduhan kopi Belitung


9.            Danau Kaolin
     Danau kaolin ini sebenarnya merupakan sisa sisa bekas penambangan timah di Pulau Belitung yang secara alamiah berubah menjadi daya tarik yang indah dengan alam sekitarnya. Tak dapat dipungkiri danau ini terlihat sangat indah, dimana air yang tertampung memiliki warna biru tosca yang sangat jernih. Gundukan dan hamparan tanah yang berwarna putih membuat danau ini jadi semakin indah. Tak heran banyak pelancong yang datang kesini untuk sekedar melihat ataupun mengabadikan gambar di tempat ini. 



Danau Kaolin


10.     Pulau Mendanau 
      Pulau ini merupakan bagian dari pulau Belitung yang sangat indah serta warganya yang sangat ramah. Di pulau ini banyak tempat wisata yang sangat menarik dan unik. Oleh karena itu nceep akan cerita lengkap tentang pulau ini di judul yang berbeda.


Laut pulau Mendanau di sore hari


Terimakasihh sudah mampir di blog nceeep, semua cerita yang ada di blog ini berdasarkan pengalaman jalan jalan nceep, adapun beberapa poto nceep ambil dari internet supaya lebih memperjelas cerita dan gambar.

GOD IS BEST PLANNER EVER

Official l y Postgraduate Student In Ipb Graduate School temporary student sign card In my graduation on 20 april 2017 my mo...