Langsung ke konten utama

JALAN JALAN KE BELITUNG YUK



Hai manteman, kali ini ncep bakal ceritain tempat tempat menarik yang ada di pulau Belitung.



Eits, udah pada tau Pulau belitung dimana kan?

Pulau belitung itu lokasinya deket pulau Sumatra lebih tepatnya pulau ini bagian dari provinsi kepulauan Bangka Belitung, kampung halamannya ncep ^_^.

Nah, kalo mau ke pulau Belitung itu gampang banget, bisa naik kapal atau pesawat. kalo mentemen mau naik kapal ntar turunnya di pelabuhan Tanjung Pandan dan  kalo naik pesawat sekitar 1 jam dari Jakarta kok, nama bandaranya Hanandjodin.  Buruan pesen tiket dehhh dijamin gak nyesel.

Oke, sekarang ncep bakal list tempat mana aja yang harus temen temen datengin kalo ke belitung.

1.          Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini terkenal sejak diproduksinya fim Laskar Pelangi oleh penulis Andrea Hirata. Penulis mengambil plot cerita di pantai ini sehingga pantai tanjung tinggi tidak lepas dari sebuat pantainya Laskar pelangi. Pantai ini benar benar indah dan sangat menawan dengan bebatuan besar yang terhampar disepanjang pulau serta pasir putihnya yang bersih. Disini banyak spot foto yang sangat menarik dan instagramable banget tentunya.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi


indahnya pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi 


2.          Pulau lengkuas
Pulau ini terletak sekitar beberapa km dari pulau belitung, temen temen bisa naik kapal untuk menuju pulau ini. Biasanya para juru mudi kapal juga sudah menyiapkan alat snorkling, jadi temen temen gak hanya menikmani keindahan pantainya tapi juga keindahan bawah lautnya. Terumbu karang nya cukup cantik dengan berbagai jenis ikan cantik didalamnya. Temen temen bisa memberi makan mereka biskuit dan ikan ikan tersebut akan bergerombol menuju biskuit itu. Inilah saat temen temen bisa mengambil foto bersama ikan ikan ini, keren kan.

Pulau Lengkuas

asiknya bersantai di pulau Lengkuas


asiknya bersantai di pulau Lengkuas


snorkling bersama teman teman patut dicoba

3.          SD Muhamadiah
Sekolah ini sangat terkenal sama seperti pantai Tanjung Tinggi karena SD Muhamadiah merupakan sekolah tempat anak anak laskar pelangi belajar. Tempat ini terletak di Manggar kabupaten Belitung Timur. Sebenarnya ini adalah sekoah replika karna yang asli sudah rusak, tapi tenang semua didesain sama kok baik kursi meja maupun properti kelas lainnya.
Pintu masuk Sd Muhamadiah 

SD muhamadiah

Ruang kelas

Replika sekolah laskar pelangi

4.          Rumah keong
Rumah keong ini letaknya persis didepan SD muhamadiah, tempatnya benar benar nyaman buat nyantai ataupun buat foto. Jangan khawatir, petugas disini siap membantu temen temen buat take foto dan free tentunya, asik kan.


Rumah Keong

Bagian dalam rumah keong

Salah satu spot foto menarik di rumah keong
5.          Museum Kata
Nah, musium ini adalah persembahan penulis terkenal Andrea Hirata yang terletak di Tanjung Pandan. Tempatnya sangat menarik karna terdapat banyak ruang yang memiliki fungsi masing masing. Temen temen bisa membaca atau sekedar menikmati dekorasi yang unik dari tiap sudut musium ini.


Museum kata

Bagian depan museum kata

6.           Rumah Ahok
      Rumah ini merupakan rumah orang tua pak Ahok, bentuknya seperti rumah panggung dengan material kayu. didalamnya banyak dijual sovenir seperti kaos bergambarkan pak ahok, kain serta menjual kue buatan ibunya.

Kampung ahok

7.          Mi atep
Makanan yang satu ini merupakan makanan yang wajib di santap jika berkunjung ke Belitung. Mi atep adalah mi yang sangat enak yang terdiri dari mi kuning dengan tauge, irisan timun, kentang rebus  dan kuahnya yang terbuat dari kaldu udang menambah cita rasa mi ini. mi atep biasa disantap dengan emping melinjo sehingga rasa gurih dan segar pasti dirasakan penikmatnya. Karna mi atep ini sangat populer jangan kaget jika mi ini cepat sold out.

Mi atep


8.           Warung 1000 kopi
       Penikmat kopi yang datang ke Belitung pasti tak asing lagi dengan tempat ini. Kopi nya yang khas membuat tempat ini selalu ramai baik untuk warga setempat maupun pelancong yang datang. warung 1000 kopi ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan pertokoan yang semuanya menjual kopi, oleh karena itu tempat ini disebut demikian. Warung warung ini sudah buka sejak pagi hingga malam hari. kopi ini biasa disajikan dengan susu serta kue kue khas yang sangat enak dan juga murah.
Proses penyeduhan kopi Belitung

Proses penyeduhan kopi Belitung


9.            Danau Kaolin
     Danau kaolin ini sebenarnya merupakan sisa sisa bekas penambangan timah di Pulau Belitung yang secara alamiah berubah menjadi daya tarik yang indah dengan alam sekitarnya. Tak dapat dipungkiri danau ini terlihat sangat indah, dimana air yang tertampung memiliki warna biru tosca yang sangat jernih. Gundukan dan hamparan tanah yang berwarna putih membuat danau ini jadi semakin indah. Tak heran banyak pelancong yang datang kesini untuk sekedar melihat ataupun mengabadikan gambar di tempat ini. 



Danau Kaolin


10.     Pulau Mendanau 
      Pulau ini merupakan bagian dari pulau Belitung yang sangat indah serta warganya yang sangat ramah. Di pulau ini banyak tempat wisata yang sangat menarik dan unik. Oleh karena itu nceep akan cerita lengkap tentang pulau ini di judul yang berbeda.


Laut pulau Mendanau di sore hari


Terimakasihh sudah mampir di blog nceeep, semua cerita yang ada di blog ini berdasarkan pengalaman jalan jalan nceep, adapun beberapa poto nceep ambil dari internet supaya lebih memperjelas cerita dan gambar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN REAL TEST IELTS DI IDP YOGYAKARTA

Hai kali ini ncepp mau ceritain pengalaman realtest ielts di IDP Yogyakarta. Ncep real test tanggal 10 Maret 2018 (Akhirnya setelah beberapa bulan persiapan, nekat juga daftar :D). Ncep sampe Yogya itu hari selasa pagi tgl 7 maret, sengaja dateng cepet biar bisa istirahat dulu hehehe. Beberapa hari sempet istirahat sih tapi tetap sambil listening sama reading, soalnya bosen gak ngapa ngapa in #eaaa. Hari jum’at nya ncep cek lokasi dulu di Universitas Sanata Dharma tepatnya di lembaga bahasa di lantai 2. Disana banyak ruangan sih, nama nama pulau gitu tapi buat register di ruang Batam 2. Pas sampe depan ruangan register, jantung ncepp gak bisa kontrol, dag dig dug kayak suara beduk. penampakan ruang batam 2 (ruangan registrasinya) Malem nya ncep persiapin segala senjata buat perang besok, passport, pensil HB 2 biji, penghapus sama peruncing . Terus kalo pada mau bawa minum ke dalem ruangan boleh banget, tapi label nya musti dilepas dulu   (kalo bawanya AQ*A and friends

LANGKAH LANGKAH DAFTAR REAL TEST IELTS

Haii, balik lagi ke cerita ncep hari ini Berhubung banyak temen temen yang masih bingung cara nya daftar real test IELTS, kali ini ncep mau sharing step by step cara register real test di IDP Yogyakarta. Hayukkkkkkk Pertama temen temen bisa buka websitenya IDP di www.IDP.com . Di halaman depan web semua informasi tentang IELTS tersedia lengkap dan untuk register real test silahkan pilih menu IELST . Selanjutnya pilih menu   daftar sekarang . Temen temen bisa pilih berdasarkan lokasi real test yang diinginkan Pilih tanggal yang diinginkan dan klik book now . Perhatikan menu yang berwarna orange untuk academic ielts dan biru untuk general training. Perhatikan tanggal yang dipilih sesuai dengan yang ditampilkan kemudian klik menu continue . Selanjutnya temen temen diminta untuk mengisi tentang personal detail . Selanjutnya Upload ktp atau password dalam bentuk pdf dan klik menu select untuk mengambil data. Sebagai Info, passport harus di scan bagian depan d

PESONA PULAU MENDANAU

Hai hai kali ini ncep bakal nepatin janji ke diri sendiri untuk buat review pulau Mendanau. Pulau ini ncep datengin September tahun lalu dan sampai sekarang rasa bahagia berkunjung kesana gak pernah hilang. Nah pulau ini ngasih banyak pelajaran kehidupan buat ncep dan juga pengalaman yang tak terhitung jumlahnya. Kali ini ncep bakal kasih tau ke temen temen semua keindahan dan keramahan Pulau Mendanau.  Perairan Pulau Mendanau 1. Sambutan warga yang meriah ketika tamu datang. Kalo temen temen kesini pastinya bakal disambut dengan sangat antusias oeh warga desa. Mereka bener bener bisa ngetreat tamu, jadi disana jangan kaget kalo dateng udah disambut pake tarian daerah yaaa. Tari sambut 2. Homestay berasa dirumah sendiri Waktu dateng kesini, ncep dapet homestay yang keluarganya baik dan ramah banget. oh ya, ncep nginep di desa petaling dan disini kalo ada tamu yang dateng akan tinggal dirumah warga. eits jangan kawatir kalo gak nyaman, yang juga bakalan betah dan g