Langsung ke konten utama

EKSPEDISI NUSANTARA JAYA (PULAU MENDANAU) 2017


Hai haii kali ini ncep mau ceritain pengalaman sebagai salah salah peserta Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 region Kepulauan Bangka Belitung. Eh udah pada tau ENJ itu apa gak sih? Oke ,jadi ENJ itu adalah program dari Kementrian Maritim untuk memperkenalkan laut terluar Indonesia. Kegiatannya selama 10 hari di pulau pulau terluar Indonesia tentunya. Program ini bisa diikuti mahasiswa dan umum (batas usia 30 tahun).
Tim 2 Ekspedisi Nusantara Jaya Bangka Belitung 2017


Okey lanjut ke ceritanya nceep :D

ENJ region Kepulauan Bangka Belitung 2017 ada di Pulau Mendanau. Pada masa pengabdian anggota ENJ Babel dibagi menjadi 3 tim dan setiap tim menempati desa berbeda, dan nceep gabung di tim 2 tepatnya di desa Petaling. Timnya nceep beranggotakan 22 orang terbaik negeri #eaaa, tapi beneran mereka semua keren.

Tim 1 dan 2 Ekspedisi Nusantara Jaya Bangka Belitung 2017

Ekspedisi dilaksanakan pada tanggal 22 september – 2 oktober 2017, titik point nya di Pangkalpinang karna pembukaan ekspedisi dilakukan di kantor gubernur Bangka Belitung. Tim 1 dan tim 2  berangkat pada hari yang sama dan tim 3 menyusul. Kita berangkat naik kapal dari pelabuhan Pangkalbalam menuju Tanjung Pandan sekitar 5 jam, setiba disana kita juga disambut sama pak bupati kabupaten Belitung.

Keesokan harinya pada tanggal 23 September 2017 Tim ENJ melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan ENJ yaitu Pulau mendanau, naik kapal sekitar 1 jam dari Tanjung Pandan. Setibanya di mendanau, kita disambut meriah sama warga yang kumpul nungguin kita di dermaga. Mereka ngasih sambutan super meriah pake tarian daerah, keren euy. Abis itu kita di anterin ke desa masing masing pake angkutan khas desa petaling, mobil bak gitu tapi lumayan kok. Mobil ini biasanya dipake buat nganterin anak smp sekolah.
Tari sambutan khas desa Petaling
Kendaraan antar jemput siswa SMP desa Petaling

Next, kita semua tinggal di rumah warga yang baik banget semuanya, nceep sama 2 temen ncep elisa dan mbak yeni tinggal sama keluarga yang punya anak gadis kembar 3 , asik banget dan juga seruuu. Kita disambut makanan laut yang bikin kaget, kita bertiga saling liat dan senyum , makanannya banyak dan enak banget :D. Bisa kebanyang dong ya nceep yang 2 bulan sebelomnya makan tempe, tahu, pecel, ayam penyet ketemu yang beginian, betapa kalapnyaa makan. 
Makan bersama keluarga asuh nceep

Oke fokus, malem nya kita briefing di balai desa buat ngomongin agenda besok, dan briefing ini rutin kita adain tiap hari supaya agenda kita sesuai rencana dan terstruktur.


Hari perdana kegiatan

Pagi harinya, tim ENJ  diundang dalam agenda diskusi bersama pak camat dan anggota kelurahan. Pada sesi ini tim ENJ menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan selama berada di Pulau mendanau. Setiap kegiatan yang disampaikan disambut dengan baik oleh pihak desa. Oleh karena itu dalam melaksanakan setiap kegiatan nantinya Tim ENJ akan didampingi pemuda karang taruna desa Petaling.
Diskusi bersama pemimpin desa Petaling
Diskusi bersama pemuda karang taruna

Sorenya kita di ajak keliling pulau Mendanau, bisa dibilang jalan jalan sih hehe

Kunjungan ke desa Suak Gual

nceep eksis nih

Tugu pahlawan desa Petaling

Hari kedua

Tim ENJ ngadain kegiatan sosial yaitu cek kesehatan dan sosialisasi lingkungan. Pada sesi kesehatan ini tim ENJ yang berprofesi sebagai perawat melakukan pengecekan tensi darah dan cek kesehatan lainnya.
Cek kesehatan
 Pada sosialisasi lingkungan, tim ENJ dari divisi sosial dan lingkungan memberikan tutorial cara pembuatan tas dari baju bekas. Kemudian ibu ibu yang hadir dilibatkan dalam pembuatan tas, ibu yang menyelesaikan tasnya terlebih dahulu akan diberikan hadiah. Selanjutkan kita memperkenalkan ecobrik yang merupakan sebuah metode dalam memanfaatkan sampah.


Tutorial cara membuat tas dari baju bekas

Tas yang berhasil dibuat ibu ibu desa petaling

Pembuatan ecobrik


Hari ketiga

Paginya, divisi pendidikan datang ke sekolah daasar yang ada didesa petaling, temen temen ngajakin dan ngajarin anak anak tentang cara cuci tangan dan sikat gigi yang baik. Anak anak bener bener antusias dan berpartisipati dengan baik.
Tutorial cara cuci tangan yang benar

Pada malam harinya, Divisi pendidikan memberikan pelatihan komputer untuk pemuda karang taruna desa petaling. Materi yang diberikan yaitu ms excel dan power point. Disini pesertanya sangat antusias sekali
Pelatihan komputer

Disisi lain ruangan, temen temen enj dan pemuda lainnya mempersiapkan properti yang akan digunakan untuk memperindah desa petaling. Semangat teman teman !
Persiapan properti

Hari keempat

Tim ENJ di ajak untuk mengexplorasi bukit petaling, yang indah banget. Bukit petaling ini keren banget, banyak spot foto menarik yang dijamin buat pelancong pengen balik lagi





Hari kelima

Paginya , tim ENJ dari divisi ekonomi kreatif memasang plang unik untuk menyegarkan desa petaling terutama pada spot hutan mangrovenya

Pemasangan plang 

Siangnya , temen temen dari divisi pendidikan meresmikan perpustakan yang diharapkan dapat sangat bermanfaat untuk warga desa khususnya pelajar.

Peresmian Perpustakaan yang dinamai Rumah Pintar
Malemnya, giiran divisi ekonomi kreatif yang ambil alih. Divisi ini menyampaikan solusi dan cara untuk meningkatkan wisata desa petaling berdasarkan beberapa hari observasi ke lokasi lokasi menarik di desa petaling.

Penyampaian materi dan solusi dari divisi ekonomi kreatif
Lanjut, kita udah ditunggu sama pak lurah dan pemimpin desa petaling lainnya di “hall” nya desa petaling. Kita dikasih sambutan dan ucapan terimaksih atas kehadiran kita disini. Acara yang disiapin buat tim ENJ bener bener bikin terharu, desa petaling udah nyiapin acara bakar bakar ikan buat kita :D.
Sambutan dari pak camat

acara bakar bakar ikan

acara makan bersama

Hari keenam

Kita diajakin jalan jalan lagi, wah bener bener luar biasaa terlebih ibu ibu disana udah nyiapin makanan dan minuman buat kita. Acara jalan jalan ini buat nunjukin kita tower bersejarah yang nunjukin bahwa belanda pernah datang kesini dan warga desa petaling tentunya gak tinggal diam dan membangun menara ini buat control kapal belanda yang mau dateng kepulau ini.
Perjalanan menuju menara

Menara yang dibuat pada zaman penjajahan belanda

Anak tangga yang digunakan untuk mencapai puncak menara

Puncak menara

Sorenya kita berhenti sebentar di pantai pasir panjang. Pantainya indah banget, sesuai sama namanya pantai ini merupakan pantai yang panjang kira kira 300-500 m panjangnya dengan pasir putih yang terhampar. Pokoknya indah banget

Perjalanan menuju Pantai Pasir putih

Pantai pasir putih
Malemnya adalah acara puncak yang ditunggu tunggu “pesta rakyat”. Acara ini bisa dibilang paling special, padahal awalnya kita agak bingung mau buat acaranya gimana tapi pihak desa membuat acaranya jadi bener bener meriah. Kita disiapin panggung plus sama sound sistemnya. Semua warga hadir dan beneran rame banget. Tim ENJ ngadain beberapa acara dan yang paling seru tentunya penampilan anak anak asuhan kita yang bacain puisi dan paduan suara. Bener bener bangga banget sama mereka yang berani tampil di panggung. Dan acara malem ini bener bener sukses dan tentunya gak akan terlupakan
Penampilan adik adik dalam membacakan puisi

Antusiasme warga yang hadir

Pemimpin dan warga desa
Hari ketujuh

Ini adalah hari ter melow buat tim ENJ karna kita harus pulang dan tugas kita selesai hari ini. Terharu banget dan sangat sangat berterimakasih sama warga desa petaling yang super baik. Hampir semua warga nganterin kita di dermaga buat ngucapin selamat tinggal. Kita semua tim ENJ saling berpamitan ke keluarga asuh masing masing dan semua warga desa. Terimakasih warga desa petaling. Saatnya kita pulang dan menyebarkan setiap pengalaman yang kita dapatkan didesa ini dan semoga desa petaling selalu menjadi desa yang terbaik dan dapat menjadi desa wisata yang membumi buat warga Indonesia.

Salah satu keluarga asuh yang sangat baik
Dan kapa pun harus membawa kita kembali

SEKIAN TERIMAKASIH UDAH BACA CERITANYA NCEEEP KALI INI :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN REAL TEST IELTS DI IDP YOGYAKARTA

Hai kali ini ncepp mau ceritain pengalaman realtest ielts di IDP Yogyakarta. Ncep real test tanggal 10 Maret 2018 (Akhirnya setelah beberapa bulan persiapan, nekat juga daftar :D). Ncep sampe Yogya itu hari selasa pagi tgl 7 maret, sengaja dateng cepet biar bisa istirahat dulu hehehe. Beberapa hari sempet istirahat sih tapi tetap sambil listening sama reading, soalnya bosen gak ngapa ngapa in #eaaa. Hari jum’at nya ncep cek lokasi dulu di Universitas Sanata Dharma tepatnya di lembaga bahasa di lantai 2. Disana banyak ruangan sih, nama nama pulau gitu tapi buat register di ruang Batam 2. Pas sampe depan ruangan register, jantung ncepp gak bisa kontrol, dag dig dug kayak suara beduk. penampakan ruang batam 2 (ruangan registrasinya) Malem nya ncep persiapin segala senjata buat perang besok, passport, pensil HB 2 biji, penghapus sama peruncing . Terus kalo pada mau bawa minum ke dalem ruangan boleh banget, tapi label nya musti dilepas dulu   (kalo bawanya AQ*A and friends

LANGKAH LANGKAH DAFTAR REAL TEST IELTS

Haii, balik lagi ke cerita ncep hari ini Berhubung banyak temen temen yang masih bingung cara nya daftar real test IELTS, kali ini ncep mau sharing step by step cara register real test di IDP Yogyakarta. Hayukkkkkkk Pertama temen temen bisa buka websitenya IDP di www.IDP.com . Di halaman depan web semua informasi tentang IELTS tersedia lengkap dan untuk register real test silahkan pilih menu IELST . Selanjutnya pilih menu   daftar sekarang . Temen temen bisa pilih berdasarkan lokasi real test yang diinginkan Pilih tanggal yang diinginkan dan klik book now . Perhatikan menu yang berwarna orange untuk academic ielts dan biru untuk general training. Perhatikan tanggal yang dipilih sesuai dengan yang ditampilkan kemudian klik menu continue . Selanjutnya temen temen diminta untuk mengisi tentang personal detail . Selanjutnya Upload ktp atau password dalam bentuk pdf dan klik menu select untuk mengambil data. Sebagai Info, passport harus di scan bagian depan d

PESONA PULAU MENDANAU

Hai hai kali ini ncep bakal nepatin janji ke diri sendiri untuk buat review pulau Mendanau. Pulau ini ncep datengin September tahun lalu dan sampai sekarang rasa bahagia berkunjung kesana gak pernah hilang. Nah pulau ini ngasih banyak pelajaran kehidupan buat ncep dan juga pengalaman yang tak terhitung jumlahnya. Kali ini ncep bakal kasih tau ke temen temen semua keindahan dan keramahan Pulau Mendanau.  Perairan Pulau Mendanau 1. Sambutan warga yang meriah ketika tamu datang. Kalo temen temen kesini pastinya bakal disambut dengan sangat antusias oeh warga desa. Mereka bener bener bisa ngetreat tamu, jadi disana jangan kaget kalo dateng udah disambut pake tarian daerah yaaa. Tari sambut 2. Homestay berasa dirumah sendiri Waktu dateng kesini, ncep dapet homestay yang keluarganya baik dan ramah banget. oh ya, ncep nginep di desa petaling dan disini kalo ada tamu yang dateng akan tinggal dirumah warga. eits jangan kawatir kalo gak nyaman, yang juga bakalan betah dan g