Langsung ke konten utama

28 JAM NAIK KAPAL LAUT DARI (TANJUNG PRIOK) JAKARTA MENUJU (PANGKAL BALAM) BANGKA UNTUK KELUARGA

Mudik Bersama Mahasiswa Bangka di Bogor oleh PT TIMAH


Foto diambil oleh seorang yang baru dikenal
5 menit saja di pinggir kapal
Momen lebaran itu bener bener momen yang paling di tunggu terutama idul fitri. Alhamdulillah tahun ini cep dikasih rejeki untuk stay di Bogor dari Juli 2018 sampe sekarang untuk study lanjut di IPB. Jadwal di IPB tuh ampun padet banget sampe sampe gak ada liburnya, jadilah cep belom pulang kampung hampir 1 taun. Nah jadilah momen idul fitri ini dijadiin buat pulang kampung ketemu keluarga dan tentunya ajang untuk makan enak. 

Mei kemarin itu harga tiket lagi mahal banget, yang biasanya jakarta-bangka 400-500 an jadilah 1 jutaan. Ditunggu - tunggu kok gak turun turun yaaa, masih aja tetep malahan tambah naik terus cepet abis pula sementara jadwal dikampus gak karuan. Belom ada kejelasan bisa pulang kapan, jadilah belom bisa nentuin pulang kapan. Akhirnya punya inisiatif "apa naik kapal aja ya" barengan siapa gitu. Maklum cep anaknya emang rada nekat yahh jiwa muda mah begitu, hehehe. Nanyalah ke Abang satu departemen yang kebetulan orang bangka juga, ada gak kenalan dia yang mau pulang naik kapal. Alhamdulillah malah dapet solusi banget dari abangnya karna ternyata ada mudik bareng terus gradis mahasiswa bangka di Bogor. Seneng banget dong, bisa ramean pulang dan gratis pulaa.

Masuklah cep ke grup whatsap mudik bareng mahasiswa Bangka. Jadwal mudiknya  bikin deg deg an banget berhubung cep juga belom tau pastinya beres kuliah. Jadilah jadwal bener bener diperintilin dan harus tepat dan alhamdulillah bisa ikutan mudik bareng di tanggal 27 Mei 2019. Oh ya mudik ini disponsorin sama BUMN yang base nya di Bangka yaitu PT TIMAH. Buat temen temen yang mau mudik bisa banget cek website mereka karena biasanya tiap taun ngadain mudik gratis.

Perjalanan dimulai dari Dramaga jam 10 pagi. Titik kumpulnya ada di terminal bus Botany square, ini dipilih sebagai titik tengah karena yang ikutan mudik gak dari IPB aja tapi semua univ di Bogor yang ada anak Bangka nya dan pesertanya terbatas yang temen temen, sitnya hanya 30 aja. Kita diharuskan kumpul jam 12 tapi karna cep baru berangkat jam 10 jadilah telat karena jalanan macet hari itu. Nah pembelajaran juga buat temen temen dari Dramaga supaya bisa berangkat lebih pagi biar gak telat.

Bus yang disiapin untuk bawa rombongan dari bogor ke Tanjung priuk
Mudik yang disiapin sama PT TIMAH dimulai dari Bus yang di Bonati Square. Bus nya kelas eksekutif bagus banget dan nyaman. Kita berangkat dari Bogor ke jakarta menuju kantor Timah jam 1 siang dan baru sampe jam 5 sore karena lagi lagi jalanan macet. Disana kita langsung disambut terus dibagiin tiket kapal perorang dan godie bag. Isi dari goodi bag nya dimulai dari minyak kayu putih, tolak angin, permen, roti dan minum untuk buka puasa + snack. Selain itu kita juga dapet kaos dan topi yang oke.

Dari kantor timah kita lanjut menuju Tanjung Priok dan buka puasa di mobil karna lagi lagi macet. bekal yang dikasih cukup buat buka puasa sih. Terus kita sampe di Pelabuhan jam 7 malem dan ternyata Tanjung Priok itu gede banget, dari pintu depan bus masuk sampe pelabuhan penumpangnya, adalah sekitar 500 m an. Dikapal kita udah ditunggu sama pemudik lainnya, Fyi. mudik bareng PT Timah ini gak hanya untuk mahasiswa Bogor aja tapi juag disiapin di beberapa kota lainnya kayak bandung, yogya dan jakarta. Kebetulah kita barengan sama kloter bandung, awalnya bingung ini kok bajunya sama tapi gak ketemu di bus yaa, ternyata oh ternyata.

Tiket kapal yang dibagiin ke peserta mudik
 (kalo beli sendiri harganya 400k an)
Kita mudik naik kapal Stevia yang lumayan besar karna bisa nampung truck juga. Ruangannya gak banyak, di lantai bawah tempat kendaraan, dilantai 2 buat penumpang tapi lesehan gitu dan dilantai 3 ada mushola sekaligus kursi untuk penumpang, tapi ya konsep lantai 3 ini ya outdoor yaa. temen temen harus pake jaket yang tebelll. Berdasarkan instruksi kedua mudik kita jadilah yang cewek dilantai 2 sambil jagain koper dan tas, terus yang cowok mutusin di lantai 3. Fyi lagi nih, kalo bawa barang yang sekiranya bisa dihandle sendiri yaa, karna mesti naik tangga dan tangganya gak biasa jadi susah untuk koper gede buat masuk. jadilah yang cowok ikutan bantuin bawain koper.

Peserta mudik nya lumayan rame jadi lantai 2 nya penuh dan kita harus berbagi lah tentunya. Posisi kita ditengah dan koper sama tas dipinggir. kita sempet main dulu dong sebelum yang lain pada mabok. oh iya kapal baru jam jam 9 dan masih aman, nah pas mau sahur anginnya lumayan kenceng. Temen temen lain lebih milih tidur dibandingin ambil makanan sahur (makanan sahur udah include tiket, jadi dijaga ya tiketnya). Makanan yang disajiin sama kokinya lumayan kok, nasi kotak yang lauknya telur balado sama bihun dan gak sah kalo dikapal gak makan pop mie kan ya. Cep udah bawa pop mie sendiri jadi tinggal bayar air panas 2k aja tapi kalo mau beli popmienya 10k.


suasana kapal yang mulai riweh menjelang sampe pelabuhan dan emang padet banget ya karna diluar hujan jadi yang stay dilantai 3 pada turun ke bawah

Sinyal ya pastinya acak adut yaa karna ditengah laut, jadilah gak bisa ngasih kabar sering sering ke orang rumah. Tapi sebanding kok sama pemandangannya, bisa liat laut tanpa batas kerenn banget. Makin siang makin banyak yang mabok jadilah banyak yang tidurana aja sepanjang hari. Alhamdulillah cep masih sempet bedakan dan lipstikan, wkwkwk. Jam 5:50 sore kita buka puasa bersama dan masih disiapin makanan sama koki kapallnya, lauknya terong balado sama ikan tongkol goreng. Disini temen temen udah pada on dan lebih semangat karna sinyal mulai muncul dan posisi kita udah di bangka bagian selatan yang artinya semakin deket sama rumah.

Kita sampe pelabuhan Pangkalbalam tepat jam 12 malem dan fasilitas mudik gak berakhir sampe sini karna kita masih disiapin bus buat dianter ke kempung masiang masing. Kebetulan rumah cep deket dari pelabuhan cuma 5 menit aja dan jadilah cep dijemput adek kesayangan. Sampenya kita salam salaman dulu terus nyempetin Foto bareng. Alhamdulillah perjalan kita lancar dan minim kendala kecuali drama macet dan mabok, wkwkwk. Terimakasih PT TIMAH untuk mudik gratisnya.










Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN REAL TEST IELTS DI IDP YOGYAKARTA

Hai kali ini ncepp mau ceritain pengalaman realtest ielts di IDP Yogyakarta. Ncep real test tanggal 10 Maret 2018 (Akhirnya setelah beberapa bulan persiapan, nekat juga daftar :D). Ncep sampe Yogya itu hari selasa pagi tgl 7 maret, sengaja dateng cepet biar bisa istirahat dulu hehehe. Beberapa hari sempet istirahat sih tapi tetap sambil listening sama reading, soalnya bosen gak ngapa ngapa in #eaaa. Hari jum’at nya ncep cek lokasi dulu di Universitas Sanata Dharma tepatnya di lembaga bahasa di lantai 2. Disana banyak ruangan sih, nama nama pulau gitu tapi buat register di ruang Batam 2. Pas sampe depan ruangan register, jantung ncepp gak bisa kontrol, dag dig dug kayak suara beduk. penampakan ruang batam 2 (ruangan registrasinya) Malem nya ncep persiapin segala senjata buat perang besok, passport, pensil HB 2 biji, penghapus sama peruncing . Terus kalo pada mau bawa minum ke dalem ruangan boleh banget, tapi label nya musti dilepas dulu   (kalo bawanya AQ*A and friends

PESONA PULAU MENDANAU

Hai hai kali ini ncep bakal nepatin janji ke diri sendiri untuk buat review pulau Mendanau. Pulau ini ncep datengin September tahun lalu dan sampai sekarang rasa bahagia berkunjung kesana gak pernah hilang. Nah pulau ini ngasih banyak pelajaran kehidupan buat ncep dan juga pengalaman yang tak terhitung jumlahnya. Kali ini ncep bakal kasih tau ke temen temen semua keindahan dan keramahan Pulau Mendanau.  Perairan Pulau Mendanau 1. Sambutan warga yang meriah ketika tamu datang. Kalo temen temen kesini pastinya bakal disambut dengan sangat antusias oeh warga desa. Mereka bener bener bisa ngetreat tamu, jadi disana jangan kaget kalo dateng udah disambut pake tarian daerah yaaa. Tari sambut 2. Homestay berasa dirumah sendiri Waktu dateng kesini, ncep dapet homestay yang keluarganya baik dan ramah banget. oh ya, ncep nginep di desa petaling dan disini kalo ada tamu yang dateng akan tinggal dirumah warga. eits jangan kawatir kalo gak nyaman, yang juga bakalan betah dan g

LANGKAH LANGKAH DAFTAR REAL TEST IELTS

Haii, balik lagi ke cerita ncep hari ini Berhubung banyak temen temen yang masih bingung cara nya daftar real test IELTS, kali ini ncep mau sharing step by step cara register real test di IDP Yogyakarta. Hayukkkkkkk Pertama temen temen bisa buka websitenya IDP di www.IDP.com . Di halaman depan web semua informasi tentang IELTS tersedia lengkap dan untuk register real test silahkan pilih menu IELST . Selanjutnya pilih menu   daftar sekarang . Temen temen bisa pilih berdasarkan lokasi real test yang diinginkan Pilih tanggal yang diinginkan dan klik book now . Perhatikan menu yang berwarna orange untuk academic ielts dan biru untuk general training. Perhatikan tanggal yang dipilih sesuai dengan yang ditampilkan kemudian klik menu continue . Selanjutnya temen temen diminta untuk mengisi tentang personal detail . Selanjutnya Upload ktp atau password dalam bentuk pdf dan klik menu select untuk mengambil data. Sebagai Info, passport harus di scan bagian depan d